Dinas Tanaman Pangan Hortikultura
Dan Perkebunan Provinsi Bengkulu
Informasi / Berita/Artikel

PENGUATAN DAN HILIRISASI KOMODITI PERTANIAN UNGGULAN DI PROVINSI BENGKULU

  Oct 25, 2018     Admin Dis TPHP Bengkulu  

Pertanian di Provinsi Bengkulu masih sangat Penting, sebagai penyumbang PDRB terbesar (28,82%), penyerap tenaga kerja terbanyak 42,35% dan strategis sebagai pendukung pencapaian ketahanan pangan. Sesuai dengan program perioritas Pemerintah Daerah 2016-2021, pengembangan pertanian diarahkan pada penguatan komoditi unggulan dan hilirisasi. Dukungan kebijakan dan anggaran dari pemerintah pusat sangat dibutuhkan, sehingga perlu secara langsung disampaikan kepada Pemerintah Pusat antara lain kepada Menteri Pertanian RI.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif menggunakan data sekunder. Data disusun dalam bentuk diagram dan table dan disajikan dalam suatu forum rapat untuk diputuskan secara aklamasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Potensi Komoditi Unggulan di Provinsi Bengkulu cukup besar dan masih berpeluang untuk ditingkatkan dari sisi jumlah, produktivitas, kualitas dan nilai tambah produk. Dukungan dari Kementerian pertanian masih sangat dibutuhkan dalam penguatan komoditi dan hilirisasi Kelapa Sawit, Karet, Kopi, Padi, Jagung, dan Pisang Kepok. Bentuk dukungan yang dibutuhkan terutama Hilirisasi pendirian pabrik pengolahan CPO menjadi minyak goreng dan pendirian pabrik pengolahan karet.
Komoditi Kopi dan Jeruk gerga lebih potensial dikembangkan dalam bentuk kawasan agrowisata. Kawasan agrowisata Kampung kopi didukung oleh letak, pemandangan dan berbagai objek wisata yang selama ini telah berjalan, antara lain Danau Mas hitam, air panas dan air terjun Suban di Rejang Lebong serta kebun teh di Kab kepahiang. Kawasan agrowisata Jeruk Gerga didukung oleh keunikan dan berbagai objek wisata yang selama ini telah berjalan, antara lain Kereta Molek peninggalan Zaman Belanda yang masih difungsikan, Bendungan Tes di Kab. Lebong.
Saran dari hasil penelitian ini, sebaiknya dalam rencana pengembangan wilayah atau komoditi unggulan dimulai dari kesepakatan tingkat kepala daerah antara kabupaten pemilik wilayah dengan provinsi. Selanjutnya, disusun road map (peta jalan) dan rencana aksi dalam bentuk Keputusan Kepala Daerah, sebagai pedoman kerja. Pelaksanaan kegiatan harus sesuai dengan pedoman kerja yang telah ditetapkan.
Kata Kunci: Komoditi Unggulan Daerah, Hilirisasi Produk Pertanian.

Versi lengkap dapat dilihat : Penguatan dan Hilirisasi Komoditi Pertanian Unggulan Provinsi Bengkulu

*Artikel ini pertama kali dimuat dalam : http://zamzory.blogspot.com/2018/10/dtphp.bengkuluprov.go.id.html

Tentang Kami

Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu merupakan OPD dilingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu...
Baca selengkapnya

Follow Us

Alamat

Jl. Pembangunan No. 19, Pd Harapan - Kota Bengkulu 38223
Telp: Telp. (0736) 21410-21721
Fax: (0736) 21017
Email: dtphp.bengkuluprov@gmail.com