Dinas Tanaman Pangan Hortikultura
Dan Perkebunan Provinsi Bengkulu
Informasi / Berita/Artikel

UPTD MEKANISASI PERTANIAN : INSTITUSI INOVASI DAN REKAYASA ALSINTAN DI PROVINSI BENGKULU

  Dec 22, 2018     Admin Dis TPHP Bengkulu  

UPTD Mekanisasi Pertanian dibentuk berdasarkan Peraturan Gubernur Bengkulu Nomor 66 Tahun 2017 tentang Pembentukan, Susunan Organisasi, Kedudukan, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja  Unit Pelaksana Teknis Daerah pada Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu, yang bertugas sebagai pelaksana teknis operasional di bidang mekanisasi pertanian sub sektor tanaman pangan hortikultura dan perkebunan. UPTD Mekanisasi Pertanian Provinsi Bengkulu dipimpin oleh 1 (satu) orang pejabat eselon III sebagai Kepala UPTD dan 3 (tiga) orang pejabat eselon IV yang terdiri dari Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kepala Seksi Rekayasa Teknologi Mekanisasi dan Kepala Seksi Kelembagaan Mekanisasi. Selain itu UPTD Mekanisasi Pertanian Provinsi Bengkulu diukung juga dengan berbagai kelompok Jabatan Fungsional. Pejabat Struktural Eselon III dan IV telah dilantik pada tanggal 5 September 2018 dan tenaga staf/pelaksana sudah tersedia per tanggal 12 November 2018 berjumlah 16 orang. Selain itu terdapat 3 orang Tenaga Harian Lepas sebagai petugas kebersihan dan keamanan.

Pada saat ini UPTD Mekanisasi Pertanian Provinsi Bengkulu menempati lahan kantor/gedung bekas UPTD Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) Provinsi Bengkulu dengan alamat di Jalan Adam Malik Km 8,5 Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu 38229. Kepala UPTD Mekanisasi Pertanian Dra. Ema Amalia mengatakan sebagai institusi yang baru dibentuk UPTD Mekanisasi Pertanian masih dalam tahap konsolidasi organisasi terutama dari segi tata usaha kantor. “Kami masih tahap konsolidasi internal karena ini baru dibentuk. Peralatan kantor masih sangat kurang, demikian juga dengan sarana dan prasarana pendukung teknis lainnya. Dengan demikian untuk pelayanan teknis seperti perekayasaan dan inovasi teknologi alat dan mesin pertanian dan pembinaan kelembagaan mekanisasi pertanian di kabupaten tahun ini belum bisa dilaksanakan. Mudah-mudahan tahun 2019 yang akan datang sudah mulai kita lakukan.” jelas Dra. Ema Amalia. “Keberadaan bangunan yang masih layak akan dimanfaatkan, bangunan yang mengalami kerusakan akan diperbaiki dan bangunan yang tersedia akan dibangun untuk memenuhi standar minimal sarana dan prasarana yang disyaratkan oleh Kementerian Pertanian dalam Permentan Nomor 45/Permentan/RC.120/12/2017”

Dra. Ema Amalia juga mengatakan untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi UPTD Mekanisasi Pertanian maka kedepan perlu didukung dengan berbagai program dan kegiatan yang menunjang pelaksanaan kegiatan di UPTD Mekanisasi Pertanian. Program dan kegiatan ini diharapkan dapat didukung oleh sumber dana APBD (DAU dan DAK) dan juga sumber dana APBN. Terdapat 2 (dua) kegiatan utama yang menjadi prioritas pengembangan UPTD Mekanisasai Pertanian. Yang pertama adalah pengembangan Kelembagaan Mekanisasi Pertanian, dan yang kedua adalah Perbaikan dan Perekayasaaan Alat dan Mesin Pertanian. Kedua kegiatan utama tersebut tentu harus didukung dengan ketersediaan prasarana dan sarana yang cukup dan juga ketersediaan sumber daya manusia yang memadai. Sehinggga diperlukan penyusunan berbagai program/kegiatan yang tepat dan terukur untuk menjamin terlaksanya pelayanan UPTD Mekanisasi Pertanian.

Untuk diketahui dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) khususnya calon tenaga fungsional teknisi penilitian dan perekayasaan teknologi alat dan mesin pertanian, UPTD Mekanisasi Pertanian telah menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Mekanisasi Pertanian selama 5 (lima) hari pada tanggal 5 Oktober s.d. 12 Oktober 2018 bekerja sama dengan PT Yanmar Diesel Indonesia di Kota Depok Jawa Barat. Materi yang diajarkan antara lain penjelasan teori motor bakar, komponen, sistem pelumas, sistem bahan bakar, sistem pendingin, pengenalan alat ukur dan kunci-kunci spesial, serta praktek bongkar pasang mesin. Bimtek tersebut lebih menitikberatkan pada perawatan mesin diesel hand traktor roda dua yang telah banyak dipakai oleh para petani di Provinsi Bengkulu.

Tentang Kami

Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu merupakan OPD dilingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu...
Baca selengkapnya

Follow Us

Alamat

Jl. Pembangunan No. 19, Pd Harapan - Kota Bengkulu 38223
Telp: Telp. (0736) 21410-21721
Fax: (0736) 21017
Email: dtphp.bengkuluprov@gmail.com