Dinas Tanaman Pangan Hortikultura
Dan Perkebunan Provinsi Bengkulu
Informasi / Berita/Artikel

AGROWISATA KAMPUNG KOPI MENDUKUNG VISIT 2020 WONDERFULL BENGKULU

  Nov 13, 2018     Admin Dis TPHP Bengkulu  

Dalam rangka mendukung program unggulan Gubernur Bengkulu Dr. Rohidin Mersyah, M.MA yaitu Visit 2020 Wonderfull Bengkulu, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu akan mengembangkan konsep Agrowisata Kampung Kopi. Agrowisata Kampung Kopi ini akan dipusatkan di dua kabupaten tepatnya di Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang dan Kecamatan Sindang Dataran Kabupaten Rejang Lebong.

Hal ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas TPHP Provinsi untuk mempromosikan kopi Bengkulu sekaligus membangun image Bengkulu sebagai sentra penghasil kopi berkualitas. Dengan melakukan perbaikan kualitas mutu kopi dengan perbaikan pengelolaan dari hilir sampai kehulunya dari budidaya hingga pasca panen yang diintegrasikan dengan potensi wisata diarea kampung kopi sehingga menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Provinsi Bengkulu.

“Program Agrowisata Kampung Kopi ini adalah pengkombinasian antara program komoditas kopi dengan program wisata. Kita berharap kedepan kawasan Kepahiang dan Rejang Lebong yang merupakan wilayah perkebunan kopi ini dapat terintegrasi dengan destinasi-destinasi wisata pendukung seperti Air Terjun, Kebun Teh Bukit Kaba, Danau dengan sajian panorama alam yang indah. Sehingga jika kita tata agar dapat menjadi daya tarik sehingga Kampung Kopi tersebut menjadi sentra Agrowisata menarik para wisatawan. Kombinasi inilah yang akan membuat kopi kita terangkat, wisata kita ramai dikunjungi” kata Kepala Bidang Perkebunan Rasmawan mewakili Kadis TPHP Provinsi, Ir. Ricky Gunarwan.

Kopi sendiri merupakan salah satu komoditas unggulan di Provinsi Bengkulu dengan luas areal Kebun Kopi jenis Robusta mencapai 69.000 hektar yang tersebar di 9 Kabupaten/ Kota minus Kabupaten Mukomuko. Di Kabupaten Rejang Lebong sekitar 22.500 hektare lebih disusul Kabupaten Kepahiang dan daerah lainnya seperti Kabupaten Seluma, Bengkulu Selatan, Kaur, Bengkulu Utara, Lebong serta Bengkulu Tengah ada sedikit. Sedangkan untuk Kopi Arabika sendiri ada di Kabupaten Rejang Lebong luasnya sekitar 200 ha yang dikelola oleh perusahaan perkebunan PT. Indo Arabika.

“Melihat potensi yang cukup besar ini maka kita berinisiatif untuk melakukan Pengembangan Kampung Kopi menjadi Agrowisata Kampung Kopi dimana tujuannya adalah untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat dengan melakukan peningkatan mulai dari produktivitasnya, mutu kopinya, hingga promosi dan pemasarannya sehingga kopi kita ini tidak hanya menjadi komoditas unggulan akan tetapi dapat menjadi sumber pendapatan unggulan”, jelas Rasmawan.

Dengan memperhatikan aspek hulu hingga hilirnya. Mulai dari perbaikan budi daya hingga pasca panen dengan pemasarannya. Budidaya dengan teknologi peremajaan tanaman kopi dengan klon unggul, dimana agar mendapatkan hasil kopi yang lebih baik maka kita ajak petani untuk menggunakan metode vegetative dengan system penyambungan (stek). Dimana kopi yang selama ini tingkat produksinya masih rendah kita upayakan dengan memperbaiki kualitas mutu kopi dengan metode penyambungan (stek), dimana kopi lama akan disilangkan secara vegetative dengan kopi-kopi unggul yang kita punyai seperti klon Sintaro I, Sintaro II. Sintaro III dan Sehasence.  

Tentang Kami

Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu merupakan OPD dilingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu...
Baca selengkapnya

Follow Us

Alamat

Jl. Pembangunan No. 19, Pd Harapan - Kota Bengkulu 38223
Telp: Telp. (0736) 21410-21721
Fax: (0736) 21017
Email: dtphp.bengkuluprov@gmail.com