Dinas Tanaman Pangan Hortikultura
Dan Perkebunan Provinsi Bengkulu
Informasi / Berita/Artikel

MENGENAL BUAH VAREITAS UNGGUL BENGKULU : MANGGA BENGKULU

  Oct 28, 2018     Admin Dis TPHP Bengkulu  

Masyarakat Bengkulu sudah sangat mengenal Mangga Bengkulu. Tanaman mangga Bengkulu sangat mudah kita jumpai di pekarangan rumah masyarakat di kota Bengkulu dan sekitarnya. Bibit mangga Bengkulu juga sangat mudah kita jumpai di depot-depot tanaman hias dan juga penangkar benih. Masyarakat menyukai mangga Bengkulu dikarenakan buah ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan mangga varietas lainnya seperti mangga golek, mangga arumanis, amngga madu, mangga gedong gincu dan lain-lain. Salah satu keunggulan mangga Bengkulu yang mencolok adalah ukuran buahnya yang besar dan dapat berbuah sepanjang tahun tanpa tergantung musim. Namun tahukah anda jika mangga Bengkulu ternyata merupakan salah satu mangga unggul yang sudah dilepas oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia?.

Mangga Bengkulu merupakan salah satu jenis mangga unggul nasional yang sudah dilepas oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian nomor : 337/Kpts/ TP.240/6/2003 tahun 2003 SK Pelepasan Mangga Bengkulu. Dari deskripsi yang disebutkan dalam SK tersebut dijelaskan keunggulan-keunggulan mangga Bengkulu diantaranya adalah buahnya yang besar (berat bisas mencapai 2,5 kg, panjang 25 – 30 cm dan lebar 8 – 12 cm), gading buah yang tebal (3,3 – 3,8 cm), kaya akan kandungan vitamin C (5,73 mg/100 gr). spesifik yaitu berbuah sepanjang tahun, berserat halus, rasa manis sedikit asam, selain untuk buah meja atau juice juga berpotensi untuk pengembangan industri olahan sari buah.

Menurut Afrizon dkk dari BPTP Bengkulu dari hasil studi agroekologi diperoleh persyaratan tumbuh tanaman mangga varietas Bengkulu yaitu : jenis tanah beragam dengan drainase baik, ketinggian 3 – 200 m dpl, temperatur 23 – 32,8 oC, curah hujan berkisar 1500 – 3220 mm (bulan basah sepanjang tahun), kedalaman tanah > 60 cm, tingkat kesuburan tanah baik hingga cukup rendah. Dari hasil pengkajian budidaya mangga varietas Bengkulu produktif dengan produksi rata-rata paket per tanaman dengan aplikasi paket teknologi introduksi bisa mencapai 18 kg/tanaman sedangkan teknologi petani/ perawatan biasa bisa mencapai 7,3 kg/tanaman Afrizon,dkk BPTP Bengkulu (2014)

Pohon Induk Tunggal (PIT) mangga Bengkulu berasal dari tanaman mangga milik Bapak Hanafi yang beralamat kelurahan Kebun Kiwat Kota Bengkulu, sehingga tanaman ini sangat cocok dibudidayakan di daerah pesisir pantai. Kedepannya diperlukan usaha bersama agar mangga Bengkulu dapat lebih dikenal oleh masyarakat di luar Provisi Bengkulu. Misalnya dengan mempromosikan dalam pameran-pameran skala nasional. Selain itu juga mungkin bisa diusahakan untuk membuat produk olahan dari mangga Bengkulu sebagai satu oleh-oleh khas Bengkulu. (bumi23)

Tentang Kami

Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu merupakan OPD dilingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu...
Baca selengkapnya

Follow Us

Alamat

Jl. Pembangunan No. 19, Pd Harapan - Kota Bengkulu 38223
Telp: Telp. (0736) 21410-21721
Fax: (0736) 21017
Email: dtphp.bengkuluprov@gmail.com