Dinas Tanaman Pangan Hortikultura
Dan Perkebunan Provinsi Bengkulu
Informasi / Berita/Artikel

RAPAT KOORDINASI (RAKOR) PERENCANAAN PEMBANGUNAN PERKEBUNAN TAHUN 2019

  Oct 25, 2018     Admin Dis TPHP Bengkulu  

Rapat Koordinasi (Rakor) Perencanaan Pembangunan Perkebunan Tahun 2018 dan Persiapan Perencanaan Pembanguanan Perkebunan Tahun 2019 Lingkup Provinsi Bengkulu diselenggarakan pada hari Jumat tanggal 19 Oktober 2018 bertempat di Nala Seaside Hotel Kota Bengkulu. Sebagai narasumber utama hadir dari Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Republik Indonesia dan juga Kepala Bidang Perkebunan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu. Peserta rakor terdiri dari Dinas Pertanian Kabuapaten Kota se Provinsi Bengkulu khususnya Bidang Perkebunan.

Rapat koordinasi ini diselenggarakan dalam rangka mensinkronisasikan program kegiatan pembangunan perkebunan di kabupaten kota se provinsi Bengkulu baik yang bersumber dari dana APBN maupun juga sumber dana APBD Provinsi Bengkulu. Selain itu juga dalam rakor ini dibahas semua permasalahan yang dialami selama ini dan tantangan yang kemungkinan dihadapi pada tahun 2019 mendatang. Seperti diketahui subsektor Perkebunan menjadi salah satu sektor yang sangat berpengaruh pada perekonomian Provinsi Bengkulu. Pasalnya sektor ini merupakan mata pencarian sebagian besar masyarakat. Setidaknya ada 3  komoditas unggulan provinsi dalam sektor tersebut dan dominan dibudidayakan yaitu Kopi, Kelapa Sawit, Karet.

Ketiga komoditas tersebut diusahakan dihampir seluruh wilayah Bengkulu, baik dalam skala kecil oleh perkebunan rakyat (petani) dan dalam skala besar oleh perusahaan perkebunan. Per tahun 2018, total perkebunan rakyat mencapai 436.058 hektar, meliputi 16 komoditas perkebunan dengan total produksi 622.301,33 ton. Dari sisi luas komoditas unggulan kelapa sawit menempati urutan pertama yaitu 192.296 hektar, dengan produk 455.074 ton CPO. Selanjutnya ada karet, dengan luas mencapai 116.561 hektar dan produksi 89.509,46 ton karet kering. Urutan ketiga ditempati kopi robusta dengan luasan 86.746 hektar dan produksi 55.333,54 ton biji kering. Sementara kakao, ada seluas 12.909 hektar, dengan produksi 5.771,46 ton biji kering. Ketiga komoditas unggulan ini bahkan telah masuk dalam pasar ekspor yang mempunyai nilai ekonomi tinggi dan memiliki pangsa pasar yang cukup luas. 

Dari diskusi yang berkembang terdapat beberapa poin penting yang menjadi perhatian semua pihak antara lain : untuk setiap usulan e-proposal harus dilengkapi dengan database yang akurat, Setiap Provinsi atau Kabupaten yang mengajukan E-Proposal kegiatan harus menyiapkan Action Plan (Rencana Aksi), harus ada pendataan potensi perbenihan di daerah, dalam rangka memenuhi kebutuhan benih di Provinsi Bengkulu kita harus mempunyai sumber benih mandiri, Plasma nutfah Kopi harus menjadi kebun induk agar Provinsi Bengkulu mempunyai sumber benih kopi.

Tentang Kami

Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu merupakan OPD dilingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu...
Baca selengkapnya

Follow Us

Alamat

Jl. Pembangunan No. 19, Pd Harapan - Kota Bengkulu 38223
Telp: Telp. (0736) 21410-21721
Fax: (0736) 21017
Email: dtphp.bengkuluprov@gmail.com